Sunday, April 8, 2012

Program Magang atau Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Bank Indonesia

Informasi dari situs Bank Indonesia silakan cek langsung ke situsnya, untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat :) Program Magang atau Praktek Kerja Lapangan (PKL) Sumber Data Direktorat Sumber Daya Manusia Contact Kepala Bagian Pelaksanaan, Pemenuhan, dan Pemeliharaan SDM Direktorat Sumber Daya Manusia Bank Indonesia Gedung Tipikal Lantai 12, Komplek Perkantoran Bank Indonesia Bank Indonesia membuka kesempatan bagi mahasiswa/pelajar yang bermaksud untuk melaksanakan program magang (Praktek Kerja Lapangan/PKL) di Bank Indonesia. Secara umum prosedur dan SOP program magang di BI sebagai berikut: Permohonan PKL di Bank Indonesia diajukan 2 bulan sampai dengan 3 bulan sebelum waktu pelaksanaan. PKL bersifat perorangan/individual. Permohonan terhadap program PKL disesuaikan dengan ketersediaan lowongan PKL dan kebutuhan BI. Pelaksanaan PKL di Bank Indonesia lebih bersifat umum/administratif dan tidak dapat disesuaikan dengan jurusan mahasiswa dan disarankan untuk minta persetujuan lebih dahulu dengan Dosen Pembimbing atau Ketua Jurusan/Ketua Program Studi. Waktu pelaksanaan PKL minimal 15 hari kerja (3 minggu) s.d. 1 bulan dan pelaksanaannya mengikuti ketentuan waktu kerja pegawai BI, yaitu: Hari : Senin – Jumat Waktu : pk.07.10 - pk.16.15 waktu setempat Penyampaian permohonan sebagai berikut: Surat Pengantar dari Universitas yang ditujukan kepada: Kepala Bagian Pelaksanaan, Pemenuhan, dan Pemeliharaan SDM Direktorat Sumber Daya Manusia Bank Indonesia Gedung Tipikal Lantai 12, Komplek Perkantoran Bank Indonesia Jl. M.H. Thamrin No.2, Jakarta 10350 atau di Bank Indonesia setempat Curriculum Vitae (CV) dilengkapi dengan contact person dan pasphoto berwarna ukuran 3 x 4 (1 lembar). silakan langsung ke situsnya di http://www.bi.go.id/web/id/Tentang+BI/BI_+Publik/Karir+di+BI/magang_pkl.htm

Wednesday, April 4, 2012

Sukses Ujian tulis CPNS

Mohon maaf, tidak ada share contoh soal dan jawaban di sini.. sudah banyak blog lain yang mengupas soal itu, kita ngobrol soal pengalaman saya melewati tes itu saja ya :) ada beberapa tips : 1.beli buku contoh latihan soal dan jawaban, bagaimanapun, itu penting, perkiraan saya, setidaknya 20 persen soal yang muncul. ada kaitan dengan soal tahun tahun sebelumnya. 2. Paham, bukan menghapal, hehe, masa kayak anak SD, hapalan, pahami soal dan jawaban, kalau perlu memang di ulang ulang, agar mengerti, ketika paham, soal mau di bolak balik juga tidak masalah. 3.perkuat latihan mengerjakan jawaban jawaban yang sifatnya pasti/ terukur, misalnya logika/ matematika.saya mendapat point paling banyak dari ini, biarpun nilai matematika saya di sekolah jelek, namun matematika yang di pakai di sini sifatnya matematika/ logika dasar.. bisa lah asal teliti.. 4.persiapkan alat alat secara lengkap, jangan sampai ada yang tertinggal dan menyebabkan kepanikan, lebih baik membawa banyak daripada tidak membawa, bolpen, pensil, penghapus, lebih baik kalau ada cadangannya. 5.kenali tempat tes, lebih baik jika datang sebelum hari h, untuk mempersiapkan jalur, parkir,pintu masuk,siap lebih baik daripada tidak siap 6.datang lebih pagi, karena tempat tes biasanya berupa stadion/ gedung yang besar. dan yang datang banyak.. lebih baik bersiap.. jangan sampai terlambat. 7.siapkan pulsa yang cukup.. hehe.. jadi kalau ada sesuatu yang urgent.. bisa nanya nanya ga ribet harus bingung nyari pulsa.. 8.kerjakan dengan tenang dan percaya diri..kerjakan yang mampu di kerjakan terlebih dahulu, saya prioritas di perhitungan, karena jelas jawabannya..dan isi juga dengan tenang.. jangan panik.. jangan sampai kertas rusak.. 9. isi bulatan dengan penuh...sehingga bisa di baca oleh pemindai..sayang kalo udah jawab bener tapi ga terbaca kan ? 10. persiapkan diri sebelum pelaksanaan, jaga kesehatan, jangan sampai sakit dan kecapekan..dan terus berdoa... ini tips tips pribadi.. dengan melakukan hal ini.. saya lolos di empat tempat :) selamat mencoba.. sukses untuk kita semua..

Tuesday, April 3, 2012

Info Rekrutmen Otoritas Jasa Keuangan

berikut adalah tulisan di situs kontan.. hanya saja setau saya nantinya pegawai OJK itu bukanlah PNS..biarpun gaji dari APBN.. jadi mungkin seperti pegawai BI yang memiliki standar dan aturan kepegawaian tersendiri.. siapa minat ? PENGESAHAN UU OTORITAS JASA KEUANGAN Rekrutmen PNS untuk OJK pada Oktober 2012 Oleh Muhammad Yazid - Kamis, 27 Oktober 2011 | 18:47 WIB Tweet 0 Komentar Telah dibaca sebanyak 2252 kali Komentar JAKARTA. Setelah melalui proses pembahasan selama 12 tahun, Rancangan Undang-Undang Otoritas Jasa Keuangan (RUU OJK) akhirnya disahkan menjadi UU dalam sidang paripurna DPR RI, Kamis (27/10). Dalam aturan tersebut OJK akan mengambil alih tugas Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK), serta tugas Bank Indonesia untuk sektor pengawasan perbankan. OJK akan efektif beroperasi mulia 1 Januari 2013. Di mana, sebelumnya Bapepam-LK sudah melebur ke dalam struktur organisasi OJK, sedangkan untuk peralihan BI ke OJK batas waktu ialah pada 31 Desember 2013. Sumber daya manusia (SDM) di kedua lembaga tersebut mengisi formasi pejabat dan pegawai di OJK. Selain itu, OJK juga akan melakukan perekrutan karyawan baru. Dalam draf UU baru tersebut, disebutkan bahwa untuk memenuhi kebutuhan pejabat dan pegawai, dewan komisioner menggelar proses rekrutmen secara terbuka. Seluruh pejabat dan pegawai baik yang berasal dari BI, Bapepam-LK LK, dan hasil perekrutan akan diangkat pada Desember 2012. Sedangkan untuk proses perekrutan terbuka tersebut akan digelar pada Oktober 2012. Ketua Pansus RUU OJK Nusron Wahid mengatakan, sebelum proses perekrutan digelar dewan komisioner terlebih dahulu melakukan kajian formasi apa saja yang dibutuhkan OJK. “Rekrutmen SDM baru OJK memang mutlak diperlukan, kapan waktu pelaksanaannya itu kewenangan dewan komisioner,” kata dia kepada KONTAN di sela-sela rapat paripurna pengesahan RUU OJK, Kamis siang. Saat rapat paripurna, Nusron mengatakan, selama masa peralihan dewan komisioner akan membentuk tim transisi yang bertugas mengkaji struktur organisasi, tugas pokok dan fungsi, serta infrastruktur OJK. “Tim transisi membantu kelancaran proses peralihan pengawasan yang lama ke OJK,” kata politisi Partai Golkar tersebut. Ia menambahkan, aturan yang terdiri dari 71 pasal dan 14 bab ini diharapkan mampu melindungi kepentingan konsumen sektor jasa keuangan serta dapat mewujudkan pertumbuhan perekonomian Indonesia. Yakni, selain untuk pengawasan perbankan maupun lembaga keuangan non bank, UU tersebut juga mengatur koordinasi kelembagaan untuk antisipasi dampak krisis ekonomi. “UU ini juga membentuk Forum Koordinasi Stabilitas Sistem Keuangan (FKSSK) yang mengatur koordinasi antara OJK, BI, Kementerian Keuangan, serta Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) baik saat kondisi ekonomi normal maupun dalam situasi krisis,” pungkasnya. Sementara, Menteri Keuangan Agus DW Martowardojo dalam pandangan akhir pemerintah mengatakan, FKSSK yang diatur dalam UU OJK diharapkan mampu menjadi alat penghubung koordinasi antar lembaga keuangan. “Pemerintah pun mendukung dimuatnya protokol koordinasi dalam RUU ini,” ujarnya. Menurutnya, dimuatnya forum tersebut sebagai landasan hukum untuk pencegahan dan penanganan krisis keuangan. “Hal itu sebagai landasan sampai dengan ditetapkannya undang-undang tentang jaring pengaman sistem keuangan (JPSK),” ujar Agus.

Peluang di Bank Muammalat

Nah ini buat yang berminat bekerja di bank..ada peluang menarik.. silakan langsung di eksekusi Muamalat Officer Development Program sebagai program pendidikan dalam mencetak kader-kader pemimpin bank syariah terbaik, mengundang anda yang memiliki semangat kerja sama dan pantang menyerah untuk mengikuti Muamalat Officer Development Program Angkatan XXIII dan XXIV. Penggemblengan dan program pendidikan yang padat dan berkelanjutan, serta pembimbing yang ahli dibidangnya akan menempa anda menjadi professional perbankan syariah yang dapat diandalkan dan berpeluang besar menjadi pemimpin-pemimpin perbankan terbaik dimasa depan Kualifikasi calon pelamar: PendidikanMinimum S1, terbuka untuk semua jurusan IPK minimum 2.75 untuk lulusan Universitas Negeri dan 3.00 untuk lulusan Universitas Swasta Usia maksimal pada saat seleksi 27 tahun Memiliki pengetahuan yang baik mengenai prinsip dasar Islam dan Perbankan Syariah Memiliki kemampuan Bahasa Inggris lisan dan tulisan secara aktif Memiliki kemampuan mengoperasikan komputer minimal MS Office Tidakmemiliki hubungan keluarga dengan karyawan dan Direksi Bank Muamalat Indonesia Berkepribadian pro aktif, penuh inisiatif dan mampu bekerja di bawah tekanan Belum menikah, dan bersedia tidak menikah selama masa pendidikan Bersediamenjalani masa ikatan dinas wajib Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Indonesia Bagi anda yang berminat dapat mengirimkan cv yang disertai dengan pas photo terbaru ke alamat email : recruitment@muamalatbank.com Harap mencantumkan kode MODP23 _24 (Lokasi Seleksi) pada subject email anda Contoh; MODP23_24 (UGM), MODP23_24 (UNPAD), MODP23_24 (UNHAS) dst Lokasi Seleksi & Batas akhir penerimaan aplikasi lamaran (CV): Jakarta (UI), 29 Maret 2012 Bogor (IPB), 1 April 2012 Bandung1 (ITB), 8 April 2012 Bandung2 (UNPAD), 8 April 2012 DIY & Jateng (UGM), 11 April 2012 Surabaya (UNAIR), 16 April 2012 Palembang (UNSRI), 19 April 2012 Kalimantan (TGPURA), 23 April 2012 Sulawesi & KTI (UNHAS), 26 April 2012

sukses psikotes

Ini bukan tulisan saya.saya sendiri bingung kalau di tanya, bisa ngga mengerjakan psikotes, saya pernah gagal, dan pernah berhasil , gagal kenapa, berhasil kenapa ? tidak pernah jelas alasannya. namun satu hal yang saya pahami ketika saya mau tes psikotes untuk tes CPNS di salah satu instansi yang cukup mentereng namanya.dari googling, saya mendapat beberapa simpulan, yakni : pada bagian hitung hitungan yang di kasih waktu, maksimalkan, ketika waktu STOP di teriakkan, segera pindah ke hitungan yang lain, abaikan hitungan yang sudah habis waktunya.itu yang saya ingat, mungkin tulisan ini bisa membantu Tips Sukses Menghadapi Psikotes Khusus bagi anda yang akan menghadapi ujian psikotes, berikut ini beberapa tips penting yang dapat anda lakukan untuk memaksimalkan skor anda agar lulus psikotes dan diterima di perusahaan yang anda idamkan. Tips Psikotes : tips-psikotes Pelajari bentuk-bentuk soal psikotes dengan baik. Ini penting untuk mengakrabkan diri anda dengan soal-soal psikotes sehingga lebih memudahkan anda sendiri pada waktu mengikuti ujian psikotes yang sebenarnya. tips-psikotes Ketika menghadapi ujian psikotes grafis seperti DAP, Baum Tree Test, HTP, atau Tes Wartegg, jagalah kertas gambar anda tetap rapi dan bersih.Jangan kotor, terlipat-lipat, dan kusut. Karena ini menunjukkan kepribadian anda yang tidak teratur, tidak rapi dan tidak perencanaan anda tidak tertata dengan baik. tips-psikotes Ketika menghadapi ujian psikotes kepribadian seperti Enneagram, dan MBTI, jadilah diri anda sendiri yang terbaik. Jawablah pertanyaan yang paling sesuai dengan kondisi diri anda. Ini sangat penting. Karena dengan jawaban anda yang jujur tersebut, tim rekrutmen dapat menempatkan anda pada posisi yang paling tepat sesuai dengan karakter kepribadian diri anda.Sehingga potensi diri anda dapat dioptimalkan oleh perusahaan. tips-psikotes Ketika menghadapi tes kuantitatif (tes angka/numerik), anda harus ingat bahwa setiap soal bobot nilainya sama. Jadi, alokasikanlah energi konsentrasi dan waktu anda pada seluruh soal secara merata. Jika anda tidak mampu menemukan jawaban pada soal tertentu, jangan terpaku dan jangan penasaran pada soal tersebut. Karena hal ini dapat menguras energi, menguras konsentrasi, dan menguras waktu anda yang sangat terbatas. tips-psikotes Ketika menghadapi tes kode dan ingatan, cermatilah keunikan yang dimiliki oleh setiap kode yang ada. Dengan mencermati keunikan kode ini, akan sangat membantu anda mengingatnya. . nah ini sumbernya : http://www.soalpsikotes.com/tips-psikotes.php

Monday, April 2, 2012

Info Pengumuman panggilan Psikotest PT PLN

Berikut info yang bisa di baca di halaman karir PT PLN PENGUMUMAN PANGGILAN PSIKOTEST REKRUTMEN PT PLN (PERSERO) TINGKAT S1/D4/ D3 CAREER EXPO UI DAN JOB FAIR BUMN JCC TAHUN 2012 Bersama ini diumumkan daftar nama peserta yang lulus tes akademis dan Bahasa Inggris dan berhak mengikuti Psikotest Rekrutmen S1/D4/D3 PT PLN (Persero) melalui Career Expo UI dan Job Fair BUMN JCC . Adapun peserta agar memperhatikan hal berikut : 1. Tes Psikotes akan dilaksanakan pada : Hari : Selasa, 3 April 2012 Waktu : 08.00 – 12.00 Tempat : Auditorium K.301 Lantai 3, Gedung Kuliah Bersama Lama Fakultas Teknik Universitas Indonesia Note : Untuk Jadwal Diskusi Kelompok akan dilaksanakan setelah tes Psikotes selesai. 2. Peserta wajib hadir 30 menit sebelum jadwal yang ditentukan, panitia rekrutmen tidak melayani peserta yang hadir di luar jadwal yang telah ditentukan. 3. Membawa KTP/kartu identitas yang berlaku dan kartu tes. 4. Peserta berpakaian sopan dan rapi, tidak mengenakan jeans, t-shirt atau sandal / sepatu sandal. 5. Peserta membawa alat tulis : pensil HB, ballpoint, penghapus, tip-ex 6. Daftar peserta adalah sebagai berikut : Jakarta, 02 April 2012 naaah.. untuk pengumuman nama nama yang lolos... silakan cek langsung ke situsnya karir PT PLN, ini alamat situsnya : http://www.pln.co.id/wp-content/uploads/2012/04/pengumuman-panggilan-Psikotest-Career-Expo-UI-2012.pdf

Sunday, April 1, 2012

amazon

Shop Amazon - Celebrate Easter in Kitchen

Lowongan di Bank Sumut

yang berminat bekerja di BUMD, silakan cek lowongan di bank sumut ini, berikut adalah informasinya

I. PERSYARATAN UMUM
1. Warga Negara Indonesia
2. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum tetap
3. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai suatu instansi, baik instansi pemerintah ataupun swasta
4. Tidak sedang menjalani ikatan dinas atau bekerja di instansi lain setelah dinyatakan lulus dan terikat perjanjian kerja dengan PT. Bank Sumut
5. Tidak sedang terlibat dalam kredit macet
6. Berkelakuan baik
7. Sehat jasmani dan rohani serta terbebas dari pengaruh narkotika dan obat-obatan terlarang
8. Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama 2 (dua) tahun terhitung sejak diangkat menjadi pegawai tetap
9. Mempunyai pendidikan, kompetensi, kecakapan dan/atau keahlian yang dibutuhkan
10. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris
11. Mampu mengoperasikan komputer minimal program MS Office
12. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja PT. Bank Sumut
13. Bersedia menjalani ikatan dinas selama 3 (tiga) tahun
I. A. Persyaratan Khusus Penerimaan Frontliner (Kode: FL)
a. Pria dan Wanita
b. Ramah, enerjik, dan memiliki jiwa customer oriented
c. Berbadan sehat dengan bentuk tubuh proporsional dan berpenampilan menarik
d. Berusia maksimal 23 tahun pada tanggal batas lamaran atau berusia maksimal 25 tahun pada tanggal batas lamaran bagi yang telah memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun
e. Tinggi badan minimal 157 cm untuk Wanita dan 165 cm untuk Pria
f. Pendidikan minimal Diploma Tiga (D3) dari segala jurusan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75
( Diterima dengan pangkat Officer pada Grade 2 dengan ketentuan masa dinas aktif berakhir pada usia 33 tahun, akan tetapi diberi kesempatan untuk bertugas di Back Office melalui seleksi dengan memperhitungkan masa dinas sebelumnya ) I. B. Persyaratan Khusus Penerimaan Back Office (Kode: BO)
a.  Pria
b.  Enerjik dan memiliki semangat berprestasi yang tinggi
c.   Berbadan sehat dan berpenampilan menarik
d. Berusia maksimal 25 tahun pada tanggal batas lamaran atau berusia maksimal 27 tahun pada tanggal batas lamaran bagi pelamar yang memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun
e.  Tinggi badan minimal 160 cm
f  Pendidikan minimal Strata Satu (S1) dari segala jurusan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75
( Diterima dengan pangkat Officer pada Grade 3 ) II. Dokumen yang Harus Disampaikan:
1.  Surat Lamaran yang menyertakan alamat lengkap dan jelas, serta nomor telepon/HP yang dapat dihubungi
2.  Daftar Riwayat Hidu p
3.  Fotocopy Ijazah dan Transkrip Nilai terakhir yang telah dilegalisasi
4.  Fotocopy KTP / Tanda Identitas yang masih berlaku sebanyak 1 (satu) lembar
5.  Pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 cm sebanyak 3 (tiga) lembar
6.  Untuk pelamar posisi Frontliner melampirkan foto seluruh badan ukuran postcard (posisi berdiri hadap depan dan samping)
7.  Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang menyatakan berkelakuan baik
8.  Surat keterangan pengalaman bekerja atau surat referensi dari tempat bekerja sebelumnya bagi pelamar yang telah memiliki pengalaman bekerja
9.  Surat pernyataan yang ditandatangani di atas materai Rp.6.000,- yang menyatakan bahwa :
a.  Tidak pernah dihukum kurungan atau penjara berdasarkan putusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum yang tetap;
b.  Tidak pernah terlibat dalam kegiatan kejahatan perbankan / keuangan;
c.  Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai suatu instansi, baik instansi pemerintah ataupun instansi swasta;
d.  Tidak sedang menjalani ikatan dinas atau bekerja di instansi lain setelah dinyatakan lulus dan terikat perjanjian kerja dengan PT. Bank Sumut;
e.  Tidak sedang terlibat dalam kredit macet;
f.  Bersedia menjalani ikatan dinas selama 3 (tiga) tahun;
g.  Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja Bank.
III. Informasi dan Waktu Pendaftaran :
1.  Berkas lamaran dikirimkan dengan ketentuan sebagai berikut :
a.  Pelamar Frontliner Pria : Berkas disusun ke dalam map berwarna biru , kemudian dimasukkan ke amplop coklat dan menuliskan kode FL-P di sudut kanan atas amplop.
b.  Pelamar Frontliner Wanita : Berkas disusun ke dalam map berwarna merah , kemudian dimasukkan ke amplop coklat dan menuliskan kode FL-W di sudut kanan atas amplop.
c.  Back Office : Berkas disusun ke dalam map berwarna kuning , kemudian dimasukkan ke amplop coklat dan menuliskan kode BO di sudut kanan atas amplop.
2.  Berkas lamaran paling lambat telah diterima pada tanggal 21 April 2012 (stempel pos) dan dialamatkan kepada :
PT. ASK, Multiplus Business Centre
PO. BOX # 6 , Jl. Ruko Sentra Menteng
Sektor VII , Mn. 18, Bintaro Tangerang 15229 Indonesia
3.  Pendaftaran secara on-line melalui website : www.ask-rekrutmen.com sampai dengan pada tanggal 21 April 2012.
4. Bagi Pendaftar on-line agar membawa asli berkas lamaran pada saat seleksi TAHAP II (Seleksi Walk-in Interview / Wawancara Bahasa Inggris).
IV. Cakupan Seleksi :
Seleksi Penerimaan Pegawai PT. Bank Sumut Tahun 2012, dengan sistem GUGUR mencakup 5 (lima) tahap :
1.Tahap I (Seleksi Administratif)
2. Tahap II (Seleksi Walk-in Interview / Wawancara Bahasa Inggris )
3. Tahap III (Seleksi Potensi Akademik)
4. Tahap IV (Seleksi Psikotes, Kompetensi & Komputer)
5. Tahap V (Seleksi Kesehatan)
seleksinya banyak ya :) 
IV. Pengumuman Hasil Seleksi :
1. Pengumuman hasil dari setiap tahapan akan diumumkan di website PT. ASK :
2. Pelamar yang lulus sampai Tahap V (Seleksi Kesehatan) akan mendapat surat tanda kelulusan resmi dari PT. Bank Sumut. V. Informasi Lain :
1. Pendaftaran dan proses seleksi penerimaan pegawai PT. Bank Sumut Tahun 2012 tidak dipungut biaya .
2. Panitia Seleksi hanya memproses berkas yang diterima secara lengkap dan tepat waktu.
3. Berkas yang diterima tidak lengkap dan/atau melebihi batas waktu yang ditentukan, dianggap gugur.
4. Seluruh berkas menjadi data milik PT. Bank Sumut dan tidak akan dikembalikan.
5. Pengumuman ini dapat diakses melalui www.ask-rekrutmen.com dan www.banksumut.com

Minat ? segera berkunjung ke TKP..cekidot :)
 

Apakabar Moratorium CPNS ?

Bagi para peminat lowongan CPNS, informasi mengenai moratorium CPNS adalah informasi yang di tunggu tunggu,  banyak informasi yang simpang siur menyebutkan, ada yang menyampaikan bahwa tahun ini moratorium di cabut, ada yang bilang di perpanjang sampai 2013, bahkan sebuah media online menyebut bahwa moratorium di perpanjang sampai 2015.
Mana yang benar ? entah
Yang jelas, beberapa instansi sudah kelabakan, karena target tinggi, dan sumber daya manusia kurang, dan instansi instansi inilah yang mengajukan pengecualian, selain pengecualian yang sudah di sampaikan sejak awal, yakni tenaga pendidikan dan kesehatan.
usulan pengecualian ini sudah di ajukan ke kementerian pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi, dan masih dalam proses penggodokan.kementerian keuangan sudah mengajukan 2999 formasi, sebagian di isi dari lulusan STAN, dan sisanya di ambilkan dari rekrutmen umum.sementara instansi lain, terutama instansi  baru namun memiliki tugas dan target tinggi, seperti Badan Narkotika Nasional,yang di tuntut untuk segera mengembangkan organisasi sampai tingkat kabupaten / kota, juga membutuhkan SDM yang tidak sedikit.juga begitupun BKKBN yang pegawainya banyak masuk ke masa pensiun, memerlukan tenaga tenaga baru untuk menggantikan yang masuk masa pensiun tersebut.
pantau terus situs Kemenpan & RB, siapa tahu usulan pengecualian tersebut sudah di setujui, dan proses rekrutmen segera di laksanakan, namanya juga usaha kan ?

maju terus SDM Indonesia !

Strategi jangka panjang jadi PNS


Ingin jadi PNS? Atau ingin anak, adik, atau anggota keluarga anda yang lain menjadi abdi Negara ?
Ada  aksi jangka pendek dan aksi jangka panjang, aksi jangka pendek adalah berburu dan bersiap menghadapi test CPNS yang di selenggarakan oleh berbagai instansi (walaupun sekarang sedang moratorium ,hehehe),langkah jangka panjangnya bisa berjalan lama sebelum test itu ada, antara lain dengan pemilihan jurusan/sekolah.
Pemilihan sekolah /jurusan kuliah ? iya,terkadang ego anak muda,maunya sekolah atau kuliah di tempat yang bergengsi,tidak terlalu berpikir tentang rencana ke depan, memang matematika Tuhan tidak seperti matematika kita, bill gates tidak lulus kuliah juga pernah jadi orang terkaya di dunia bukan ? namun ada baiknya,kita yang lebih tua, memberikan arahan pada yang lebih muda untuk menentukan studi, dengan harapan itu akan lebih bermanfaat bagi kehidupan mereka nantinya.
Pertama, arahkan ke sekolah /perguruan tinggi kedinasan.yang ini cukup jelas,biarpun juga bukan menjadi jaminan, namun kesempatan untuk menjadi PNS dengan jalur ini sangatlah besar.
Ada beberapa instansi pemerintah yang membuka sekolah / Perguruan Tinggi kedinasan, mohon di koreksi jika ada kesalahan ya J
1.Sekolah Tinggi Akuntansi Negara , milik kementerian keuangan, berlokasi di kawasan jurangmangu,Pondok aren,Tangerang selatan,dulu juga di kenal dengan istilah STAN PRODIP, setau saya dulu ada kampus yang berlokasi di kota lain, antara lain di semarang , yang tahu mohon update ya.
Cek situsnya di www.stan.ac.id
2.Institut Pemerintahan Dalam Negeri, milik Kementerian Dalam Negeri, berlokasi di jatinangor,sumedang jawa barat,juga ada kampus di cilandak Jakarta selatan,gabungan dari STPDN dan IIP,silakan cek situsnya di www.ipdn.ac.id
3.Sekolah Tinggi Perikanan ,milik kementerian kelautan dan perikanan, dulu di sebut Akademi Usaha Perikanan ( AUP ) berlokasi di pasar minggu, Jakarta selatan,silakan cek ke situsnya http://stp.kkp.go.id
4.Sekolah Tinggi Transportasi Darat, milik kementerian perhubungan,berlokasi di kabupaten bekasi,silakan cek ke situsnya di  www.sttd.ac.id
5.Sekolah Tinggi Sandi Negara, milik Lembaga Sandi Negara, berlokasi di ciseeng ,bogor,silakan berkunjung ke situs sekolah kedinasan ini di http://stsn-nci.ac.id
6.Sekolah tinggi Intelijen Negara, informasinya berlokasi di kawasan sentul, milik Badan Intelijen Negara.
7.Sekolah Tinggi Ilmu Statistik, milik Badan Pusat Statistik, berlokasi di jalan otista, jatinegara,silakan berkunjung ke situsnya di www.stis.ac.id
8.Sekolah Usaha perikanan Menengah (SUPM ), sekolah setingkat SMA milik Kementerian Kelautan dan Perikanan, berlokasi di beberapa kota, antara lain tegal ,pariaman,bone dan beberapa kota lain.
9.Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional, berlokasi di jalan godean Yogyakarta, milik Badan Pertanahan Nasional ,silakan cek situsnya di www.stpn.ac.id
10.Sekolah Tinggi Teknologi  Nuklir, berlokasi di Yogyakarta,milik Badan Tenaga Nuklir Nasional.silakan cek situsnya di www.sttn-batan.ac.id
Ada juga sekolah kedinasan militer, yakni Akademi Militer ( www.akmil .ac.id) di magelang, Akademi Angkatan Laut (www.aal.ac.id)  di Surabaya, dan Akademi Angkatan Udara ( www.aau.ac.id ) di Yogyakarta, serta sekolah kedinasan milik POLRI, yakni Akademi Kepolisian ( www.akpol.ac.id) di semarang

Masih ada sekolah kedinasan lain yang tidak di ketahui dengan baik oleh penulis
Lalu bagaimana jika tidak masuk di sekolah kedinasan,atau berminat kuliah di sekolah umum, namun memiliki keinginan untuk menjadi PNS ?
Ada beberapa program studi yang menjanjikan, selain program program studi yang memang sudah terkenal, seperti kedokteran.beberapa program yang dulu tidak banyak di lirik orang,namun ternyata memiliki prospek yang  sangat bagus, antara lain :
Ilmu kearsipan,biasanya di selenggarakan kerjasama PTN dengan Arsip Nasional RI,lulusannya tersebar di  berbagai instansi di seluruh Indonesia,bahkan di beberapa tempat,kuota untuk lulusan ini kosong,karena jumlah pelamar lebih sedikit dari formasi yang di tawarkan.
Universitas yang memiliki program ini antara lain :
Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
Universitas Diponegoro Semarang
Universitas Padjajaran Bandung
Universitas Hasanudin Makassar
Ilmu Perpustakaan,di selenggarakan oleh beberapa PTN, bekerjasama dengan perpustakaan nasional republik Indonesia.formasi jabatan fungsional pustakawan kebanyakan di supply oleh program studi ini
Universitas yang memiliki program ini antara lain :
Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
Universitas Diponegoro Semarang
Universitas Sebelas Maret Surakarta
Universitas Indonesia Depok
Selain itu, jurusan jurusan tertentu seperti Kedokteran Hewan juga akan memiliki prospek yang cerah, karena kebutuhan dokter hewan jauh melebihi jumlah dokter hewan yang tersedia.
Maju terus SDM Indonesia !